Pengaruh Penggunaan Handout Fisika Berbasis Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Ranah Batahan Pasaman Barat

Surati, Surati (2019) Pengaruh Penggunaan Handout Fisika Berbasis Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Ranah Batahan Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_SURATI_1101416_543_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Ranah Batahan belum memenuhi harapan. Hal ini terlihat pada nilai siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang mampu dalam memecahkan permasalahan fisika terutama pada tingkat analisa, dan pemilihan metode, model, strategi pembelajaran kurang bervariasi, dan belum ditunjang dengan bahan ajar yang sesuai dengan strategi yang digunakan serta pemanfatan laboratorium yang kurang optimal. Penggunaan strategi thinking aloud pair problem solving dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat pengaruh penggunaan handout fisika berbasis thinking aloud pair problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Ranah Batahan Pasaman Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (penelitian semu) dan menggunakan rancangan penelitian randomized kontrol group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Ranah Batahan yang terdaftar pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian ini adalah pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen yang digunakan pada ranah sikap adalah lembar observasi, ranah pengetahuan menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda, dan untuk ranah keterampilan menggunakan rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen pada ranah sikap dan keterampilan lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sedangkan pada ranah pengetahuan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih rendah daripada nilai rata-rata siswa kelas kontrol. Penggunaan handout fisika berbasis thinking aloud pair problem solving memberikan pengaruh yang berarti pada hasil belajar ranah sikap dan keterampilan pada taraf kepercayaan 0,05. Hasil penelitian pada ranah pengetahuan tidak sesuai dengan teori dimana seharusnya penggunaan handout fisika berbasis thinking aloud pair problem solving dapat memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Ranah Batahan pada ranah pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorMasril, MasrilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Handout; Thinking Aloud Pair Problem Solving; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:33
Last Modified: 27 Sep 2024 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54216

Actions (login required)

View Item View Item