Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kekuatan Sit-Up Berbasis Digital. Sikripsi; Jurusan Kepelatihan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Rambe, Ahmad Zul Fadli (2022) Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kekuatan Sit-Up Berbasis Digital. Sikripsi; Jurusan Kepelatihan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_AHMAD_ZUL_FADLI_RAMBE_17087002_382.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen tes Sit-Up berbasis digital. Saat ini, peneliti merujuk dari peneliti sebelumnya dalam pengembangan alat Sit-Up berbasis digital. Alat penghitung jumlah tes Sit-Up. Oleh sebab itu, untuk mengukur kemampuan Sit-Up ini dilakukan dengan sampel yang lebih banyak lagi untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas. Penelitian ini termasuk pada jenis deskriptif, yang hanya menggambarkan tentang apa adanya suatu variabel, gejala atau keadaan tertentu. Penelitian ini dilakukan di 2 sekolah sepak bola di Kota Padang. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu jumlah keseluruhan sampel yang ada di lokasi penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes Sit-Up berbasis digital dengan jumlah sampel sebanyak 124 orang. Dilakukan dengan melakukan berbagai pengujian, yakni:(1) uji validitas, (2) uji reliabilitas. Semua data dianalisis dengan memanfaatkan Microsoft Excel. Dari hasil uji validitas pada kelompok besar dengan jumlah 124 orang diperoleh hasil 0,966>0,147 dengan (r hitung > r tabel) maka dapat dikategorikan “Valid”. Uji reliabilitas tes Sit-Up pada hasil 0,93 berada pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan pada proses dan prosedur penelitian yang telah dilakukan, maka instrumen ini layak dipakai untuk mengukur kemampuan Sit-Up yang dimiliki seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardela, RomiUNSPECIFIED
CorrectorAziz, IshakUNSPECIFIED
CorrectorIrawan, RomaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Uji Validitas Uji Reliabilitas Tes Kekuatan Sit-Up Digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:42
Last Modified: 26 Sep 2024 05:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54211

Actions (login required)

View Item View Item