Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman

Endriani, Siska (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SISKA_ENDRIANI_14029098_921_2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap peserta didik dalam belajar matematika. Namun, fakta dilapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 13 agustus 2018 dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, yaitu model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol. Data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik, rata-rata skor yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 20,06 dan rata-rata skor yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol yaitu 17,31. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh p- value sebesar 0,015 atau tolak Ho, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Numbered Heads Together (NHT); Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:35
Last Modified: 26 Sep 2024 05:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54200

Actions (login required)

View Item View Item