Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Pelajaran Usaha, Energi dan Momentum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA

Irani, Silvia (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Pelajaran Usaha, Energi dan Momentum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_SILVIA_IRANI_14033100_62_14033100_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya berpikir kreatif siswa, media pembelajaran yang digunakan dalam belum memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pembelajaran yang dilakukan masih cenderung berpusat pada guru (teacher centered). Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan multimedia pembelajaran fisika berbasis inkuiri. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari multimedia pembelajaran fisika berbasis inkuiri dan RPP pada materi usaha, energi dan momentum untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA kelas X. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research dan Development (R&D). Objek dari penelitian adalah multimedia pembelajaran fisika berbasis inkuiri yang diujicobakan kepada siswa SMAN 12 Padang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis efektivitas produk Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh tiga hasil penelitian yaitu pertama, perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri pada RPP memiliki validitas sebesar 82 dengan kategori sangat valid dan pada multimedia memiliki validitas sebesar 80,4 dengan kategori valid. Kedua, nilai praktikalitas oleh guru dan siswa, rata rata nilai praktikalitas guru pada RPP sebesar 90 dan pada multimedia sebesar 88 keduanya dengan kategori sangat praktis dan rata rata praktikalitas siswa pada multimedia sebesar 78 dengan kategori praktis. Ketiga, Pada uji efektivitas diperoleh nilai t sebesar -12,53 sedangkan nilai tabel sebesar -1,701, nilai t hitung hitung lebih kecil dari pada t , sehingga multimedia pembelajaran fisika berbasis inkuiri pada materi pelajaran usaha, energi dan momentum untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorAnshari, RioUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Multimedia; Inkuiri; Pendekatan Saintifik; Energi dan Momentum
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:34
Last Modified: 26 Sep 2024 05:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54196

Actions (login required)

View Item View Item