Aprilia, Ratna Sari
(2019)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Berorientasi High Order Thinking Skills
(HOTS) pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan
Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pola pembelajaran Kurikulum 2013 harus berpusat pada peserta didik
(student center) dan menekankan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau
High Order Thinking Skills (HOTS). Salah satu materi IPA Semester I kelas VIII
adalah Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan yang menuntut peserta didik
memiliki HOTS. Namun di SMPN 15 Padang khususnya kelas VIII belum
tersedia bahan ajar yang dapat meningkatkan HOTS peserta didik. Untuk itu
dilakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan LKPD berorientasi HOTS
pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk kelas VIII SMP yang
valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model
Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), tahap
pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase), dan
tahap penilaian (assessment phase). Pada tahap development LKPD divalidasi
oleh 4 orang validator menggunakan lembar validitas dan pada tahap assessment
LKPD dilakukan uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 30 orang peseta didik
kelas VIII SMPN 15 Padang menggunakan lembar praktikalitas. Data dianalisis
secara kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil expert review (validasi) diperoleh nilai validitas 90,96% dengan
kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKPD
memiliki nilai kepraktisan 93,06% dan oleh peserta didik 93,80% dengan kriteria
sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah dikembangkan
LKPD berorientasi HOTS pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
untuk kelas VIII SMP yang sangat valid dan sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |