Analisis Uji Efektivitas LKS untuk Virtual Laboratory pada Materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor Kelas XI SMN 15 Padang

Sahfitri, Nur (2019) Analisis Uji Efektivitas LKS untuk Virtual Laboratory pada Materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor Kelas XI SMN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NUR_SAHFITRI_15033040_844_2019.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika pada Kurikulum 2013 mengharuskan guru untuk melaksanakan semua kompetensi, yaitu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi pengetahuan dapat diperoleh melalui proses pembelajaran di kelas, sedangkan kompetensi keterampilan diperoleh melalui kegiatan praktikum. Namun, pada kenyataannya banyak materi fisika di sekolah yang belum di imbangi dengan pelaksanaan praktikum. Hal ini disebabkan karena keterbatasan alat dan bahan yang ada dilaboratorium, terutama pada materi yang alatnya sangat susah didapatkan, seperti materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengganti praktikum real dengan praktikum virtual yang didampingi dengan Lembar Kerja Siswa untuk virtual laboratory. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti efektivitas LKS untuk virtual laboratory pada materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor. Penelitian LKS untuk virtual laboratory ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Pre-Experimental. Objek dari penelitian ini adalah LKS untuk virtual laboratory pada materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah instrumen kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. LKS untuk virtual laboratory ini diteliti menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest. LKS ini diujicobakan kepada siswa kelas XI di SMAN 15 Padang. Analisis uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan uji t berkorelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dlaksanakan, diperoleh bahwa terdapat peningkatan pada kompetensi sikap siswa selama tujuh kali pertemuan. Baik berupa sikap spiritual, sikap jujur, percaya diri, disiplin dan kerjasama. Pada kompetensi pengetahuan, terlihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan LKS untuk virtual laboratory. Hal ini dibuktikan dengan nilai t tabel lebih tinggi dari nilai t . yaitu nilai t hitung -45,95 dan t tabel -2,042, maka nilai t berada pada daerah penolakan H o hitung . Pada Kompetensi keterampilan diperoleh bahwa nilai kompetensi keterampilan siswa setiap percobaan meningkat. Berdasarkan analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa LKS untuk virtual laboratory dapat meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Dengan demikian, LKS untuk virtual laboratory dikatakan efektif digunakan pada materi Fluida Dinamis dan Suhu Kalor kelas XI SMAN 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa; Virtual Laboratory; Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:36
Last Modified: 25 Sep 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54163

Actions (login required)

View Item View Item