Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Android untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Gelombang Bunyi, Gelombang Cahaya dan Alat Optik di Kelas XI SMA/MA.

Arif, Muhammad (2019) Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Android untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Gelombang Bunyi, Gelombang Cahaya dan Alat Optik di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MUHAMMAD_ARIF_14033053_3356_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, aktif, interaktif dan dipadukan dengan pendekatan saintifik. Salah satu faktor pendukung terciptanya pembelajaran adalah tersedianya sumber belajar yang baik. Namun, kenyataan di lapangan sumber belajar yang digunakan belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, belum memenuhi kebutuhan peserta didik, serta belum sepenuhnya memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Bahan ajar yang digunakan berupa bahan ajar cetak yang berisikan materi pelajaran dan soal-soal saja, tanpa adanya pendekatan saintifik yang memuat didalamnya. Bahan ajar yang memanfaatkan teknologi masih dalam bentuk yang terpisah-pisah seperti video, animasi, gambar, yang belum dikemas dalam satu kesatuan (belum bersifat interaktif). Oleh karena itu, perlu perancangan bahan ajar yang memanfaatkan teknologi seperti android pada smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis android untuk pembelajaran fisika pada materi gelombang bunyi, gelombang cahaya dan alat optik yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi yang menggabungkan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif yang digunakan secara bersama-sama dalam kegiatan penelitian. Pembuatan produk bahan ajar berbasis android berpedoman kepada pembuatan bahan ajar dalam bentuk modul menurut Kemendiknas (2010). Seperti tahap perencanaan, tahap persiapan (penentuan materi ajar, jenis software, model dan storyboard) serta tahap penyusunan bahan ajar. Validitas produk dinilai oleh tiga dosen fisika FMIPA UNP dan satu guru fisika SMAN 8 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa bahan ajar berbasis android. Bahan ajar ini memuat teks, suara, animasi, musik, dan video. Produk penelitian juga dikategorikan sangat valid dari aspek isi bahan ajar, tata bahasa, kegrafisan, pendekatan saintifik dan pemanfaatan software dengan nilai rata-rata 88,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Berbasis Android; Kurikulum 2013; Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:30
Last Modified: 25 Sep 2024 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54148

Actions (login required)

View Item View Item