Rada, Gusti (2019) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Realistic Mtahematics Education untuk Topik Peluang di Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_01_GUSTI_RADA_15029101_708_2019.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada topik peluang masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah alur penyajian topik peluang yang terdapat dalam buku-buku teks, yang cenderung dipedomani guru, belum optimal dalam membantu peserta didik mengonstruksi konsep-konsep tentang peluang. Oleh sebab itu, dirancang suatu desain pembelajaran topik peluang berbasis Realistic Mathematics Education. Desain yang dirancang memuat Hypotetical Learning Trajectory (HLT), yang diharapkan dapat memfasilitasi peserta didik dalam mempelajari topik peluang secara lebih bermakna. Penelitian ini dikategorikan penelitian desain (design research) dengan menggunakan model Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari 3 fase. Pada fase pertama (mempersiapkan percobaan) dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, analisis karakteristik peserta didik, review literature dan dirancang disain pembelajaran berbasis RME yang memuat HLT. Pada fase ke dua (melaksanakan percobaan), disain yang telah dirancang diujicobakan secara one to one dan dalam small group kepada siswa kelas XII MIPA 5. Analisis terhadap keberfungsian HLT dan kepraktisan desain dilakukan pada fase ke tiga (analisis retrospektif). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, check list, angket dan analisis hasil kerja peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran topik peluang berbasis RME yang valid dengan karakteristik: masalah kontekstual, tujuan pembelajaran dan aktivitas untuk mencapai tujuan yang dirancang sudah mengarahkan peserta didik kepada matematisasi vertikal, menemukan kembali konsep matematika, dan membuat model sendiri; HLT yang dirancang berfungsi seperti yang diharapkan; dan bahasa yang digunakan komunikatif dan dapat dimengerti peserta didik. Selain itu, desain pembelajaran topik peluang berbasis RME yang dihasilkan juga praktis dengan karakteristik: memiliki daya tarik bagi peserta didik, mudah digunakan dalam alokasi waktu yang tersedia. Desain pembelajaran berbasis RME untuk topik peluang juga memberikan dampak positif terhadap kemampuan penalaran matematis, terutama dalam menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, memberikan alternatif bagi suatu argumen, memeriksa kesahihan suatu argumen dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54135 |
Actions (login required)
View Item |