Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Pengguna Smartphone

Nasrul, Febriyeni (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Pengguna Smartphone. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FEBRIYENI_NASRUL_18151018_190_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial pengguna smartphone yang semakin berkembang dikalangan remaja saat ini, menimbulkan berbagai macam perubahan sikap dan perilaku diantaranya lebih suka menyendiri dengan smartphonenya. Remaja lebih memilih untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang berada dalam satu komunitas pengguna smartphone daripada berinteraksi dengan teman yang ada di lingkungannya. Interaksi sosial pengguna smartphone adalah kunci dari semua kehidupan sosial, oleh karena itu tanpa interaksi sosial tak akan mungkin ada kehidupan bersama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Terdapat perbedaan interaksi sosial siswa pengguna smartphone kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, (2) Terdapat perbedaan interaksi sosial siswa pengguna smartphone kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik problem solving (bimbingan kelompok biasa), (3) Menganalisis perbedaan interaksi sosial siswa pengguna smartphone kelompok eksperimen sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving, dengan siswa kelompok kontrol yang diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik problem solving. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini sebanyak 9 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sampeles dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna smartphone. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membantu program layanan bimbingan dan konseling‚ terutama menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN KELOMPOK, PROBLEM SOLVING, INTERAKSI SOSIAL SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:41
Last Modified: 25 Sep 2024 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54130

Actions (login required)

View Item View Item