Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 15 Padang Tentang Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice

Harahap, Fahry (2019) Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 15 Padang Tentang Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_FAHRY_HARAHAP_15031010_473_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengungkapkan miskonsepsi tentang materi sistem pencernaan makanan pada manusia yang dialami oleh Kelas VIII SMPN 15 Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SMPN 15 Padang. Populasi penelitian ini adalah 221 peserta didik Kelas VIII. Sampel adalah 22,5% dari 221 anggota populasi, yaitu 50 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice dan dianalisis melalui teknik analisis kuantitatif dalam menentukan persentase miskonsepsi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa miskonsepsi tertinggi terdapat pada indikator macam bahan makanan dan komponennya sebesar 38%, dimana konsep yang mengalami miskonsepsi yaitu protein, karbohidrat, dan mineral. Pada indikator organ pencernaan (kelenjar dan saluran pencernaan) mengalami miskonsepsi sebesar 49%, dimana konsep yang mengalami miskonsepsi yaitu kelenjar pencernaan, enzim lipase, epiglotis, dan enzim amilase. Pada indikator struktur dan fungsi organ pencernaan mengalami miskonsepsi sebesar 38%, dimana konsep yang mengalami miskonsepsi yaitu lambung, hati, dan oesofagus. Pada hubungan antara struktur dan bioproses pada organ pencernaan mengalami miskonsepsi sebesar 46,75%, dimana konsep yang miskonsepsi yaitu peristaltik, ingesti, absorpsi, air liur, lidah, HCl, dan kimus. Pada indikator pencernaan mekanis dan kimiawi mengalami miskonsepsi sebesar 50%, dimana konsep yang mengalami miskonsepsi yaitu enzim amilase, pencernaan mekanis, pencernaan kimiawi dan enzim protease. Pada indikator gangguan/penyakit pada sistem pencernaan mengalami miskonsepsi sebesar 49%, dimana konsep yang mengalami miskonsepsi yaitu hemoroid dan diare. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat miskonsepsi pada peserta didik Kelas VIII SMP 15 Padang tentang materi sistem pencernaan makanan pada manusia dengan persentase yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; Sistem Pencernaan Makanan; Tes Diagnostik; Two Tier Multiple Choice
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:12
Last Modified: 25 Sep 2024 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54117

Actions (login required)

View Item View Item