Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang

Deswita, Deswita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DESWITA_14029068_877_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan utama dalam pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran matematika akan tercapai apabila peserta didik mampu memahami konsep dari materi yang diberikan. Namun, kenyataanya pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Padang masih rendah. Hal ini terlihat saat observasi di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square di SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square dan diperoleh P-value = 0,013 kurang dari , ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair square berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Think Pair Square; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:03
Last Modified: 25 Sep 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54110

Actions (login required)

View Item View Item