Pengaruh LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Sistem Pencernaan Kita terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang

Chasovy, Aulya (2019) Pengaruh LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Sistem Pencernaan Kita terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AULYA_CHASOVY_15033055_742_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki berbagai keterampilan. Pemerintah Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan tersebut melalui kurikulum 2013. Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Kondisi nyata di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa masih tergolong rendah. Hal ini berarti tujuan pembelajaran yang diharapkan masih belum tercapai. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah ini adalah menerapkan LKS IPA terpadu bermuatan literasi saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penerapan LKS IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan Kita terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambil an sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar tes tertulis untuk aspek pengetahuan, lembar observasi sikap untuk aspek sikap dan lembar penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Data dari penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menyatakan kumpulan data dan uji perbandingan dua rata-rata untuk menarik kesimpulan terhadap populasi dalam penelitian. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa yang menggunakan LKS IPA Terpadu dengan yang tidak menggunakannya. Hal ini berarti, LKS IPA Terpadu memberikan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, LKS IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Saintifik; Kesehatan; Sistem Pencernaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:00
Last Modified: 25 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54105

Actions (login required)

View Item View Item