Chasovy, Aulya
(2019)
Pengaruh LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik
Tema Kesehatan Sistem Pencernaan Kita terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki berbagai keterampilan.
Pemerintah Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan tersebut melalui kurikulum
2013. Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk meningkatkan hasil belajar
siswa melalui pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Kondisi nyata di lapangan
menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa masih tergolong rendah. Hal ini
berarti tujuan pembelajaran yang diharapkan masih belum tercapai. Salah satu
solusi untuk memecahkan masalah ini adalah menerapkan LKS IPA terpadu
bermuatan literasi saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki
pengaruh penerapan LKS IPA Terpadu Tema Kesehatan Pencernaan Kita
terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan desain
penelitian Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambil
an sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Instrumen untuk
mengumpulkan data terdiri atas lembar tes tertulis untuk aspek pengetahuan,
lembar observasi sikap untuk aspek sikap dan lembar penilaian kinerja untuk
aspek keterampilan. Data dari penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif
untuk menyatakan kumpulan data dan uji perbandingan dua rata-rata untuk
menarik kesimpulan terhadap populasi dalam penelitian.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
berarti antara hasil belajar siswa yang menggunakan LKS IPA Terpadu dengan
yang tidak menggunakannya. Hal ini berarti, LKS IPA Terpadu memberikan
pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang terdiri dari pengetahuan,
keterampilan, dan sikap siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang pada tingkat
kepercayaan 95%. Dengan demikian, LKS IPA Terpadu bermuatan literasi
saintifik dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran IPA.
Actions (login required)
|
View Item |