Lendri, Annisa
(2019)
Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik
dan HOTS dalam Model Pembelajaran Penemuan Materi Fluida
terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada abad ke-21, pendidikan memiliki pengaruh dalam pembelajaran.
Pemerintah berupaya malakukan penyempurnaan kurikulum dalam menghadapi
tantangan pendidikan di abad 21. Selain itu, pemerintah juga mendorong program
gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, kondisi
nyata disekolah menunjukkan bahwa pembelajaran fisika siswa masih belum
terlaksana dengan baik. Salah satu olusi dari permasalahan ini adalah menerapkan
bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik dan HOTS dalam model
pembelajaran penemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki
pengaruh bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik dan HOTS dalam model
pembelajaran penemuan materi fluida terhadap hasil belajar siswa kelas XI di
SMAN 10 Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian
adalah Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI SMAN 10 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian
adalah kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai
kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah lembar tes tertulis untuk menilai
pengetahuan, lembar penilaian kinerja untuk menilai keterampilan, dan lembar
observasi untuk menilai sikap siswa. Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dan homogenitas, dan uji
hipotesis pada taraf nyata 0,05 untuk ketiga aspek.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan
berarti hasil belajar siswa penggunaan bahan ajar fisika bermuatan literasi
saintifik dan HOTS dalam model pembelajaran penemuan materi fluida kelas
SMAN 10 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Oleh karena itu, penggunaan
bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik dan HOTS dalam model
pembelajaran penemuan materi fluida memberikan pengaruh terhadap hasil
belajar siswa yaitu aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Actions (login required)
|
View Item |