Pembuatan Aplikasi Paket Informasi Kisah Inspiratif Islami Menggunakan Website Kodular Studi Kasus di SDN 53 Kuranji.

Putri, Putri (2024) Pembuatan Aplikasi Paket Informasi Kisah Inspiratif Islami Menggunakan Website Kodular Studi Kasus di SDN 53 Kuranji. Diploma thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_7_PUTRI_20026079_5655_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan bagaimana proses pembuatan aplikasi kisah inspiratif islami berbasis android, menciptakan layanan informasi yang menarik untuk meningkatkan minat baca siswa tentang kisah-kisah inspiratif islami, memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca, melakukan uji coba produk paket informasi kisah ispiratif islami di SDN 53 Kuranji. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan pembuatan aplikasi paket informasi kisah inspiratif islami menggunakan website kodular sebagai sarana pemaketan informasi. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pustakawan dan guru di bidang mata pelajaran agama. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tahapan pembuatan aplikasi paket informasi kisah inspiratif islami menggunakan website kodular studi kasus di SDN 53 Kuranji yaitu: (1) identifikasi kebutuhan pengguna, yaitu mencari informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka di SDN 53 Kuranji; (2) pengumpulan informasi, yaitu mengumpulkan informasi menggunakan dua cara yaitu dengan observasi secara langsung ke SDN 53 Kuranji dan melakukan wawancara dengan pustakawan dan guru yang mengajar dibidang keagamaan; (3) desain aplikasi, yaitu terdiri dari tampilan awal website kodular, merubah icon aplikasi, mendownload aplikasi, contoh kisah inspiratif islami dan contoh vidio kisah inspiratif islami; (4) evaluasi produk, yaitu penilaian terhadap kualitas produk dan menentukan sejauh manatujuan dapat dicapai dengan melakukan uji coba produk; (5) menggunakan aplikasi, yaitu aplikasi dapat digunakan pemustaka dengan cara mendownload aplikasi menggunakan handphone android sehingga aplikasi ini bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Kedua, berdasarkan hasil uji coba produk responden memberikan skor penilai 96% yang menunjukkan paket informasi kisah inspiratif islami sudah layak digunakan sebagai media belajar serta hiburan untuk anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI PAKET, PAKET INFORMASI, WEBSITE KODULAR
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:02
Last Modified: 25 Sep 2024 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54098

Actions (login required)

View Item View Item