Safitri, Merry Dian
(2024)
Korelasi antara Penguasaan Kosakata dan Kepercayaan Diri dalam Berbicara Bahasa Inggris.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penguasaan kosakata dan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris berkorelasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian dipilih secara cluster random, yang mencakup 37 mahasiswa tahun kedua dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Instrumen penelitian ini adalah tes; tes berbicara dan tes kosakata, dan kuesioner kepercayaan diri. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi tunggal dengan menggunakan Pearson Product Moment dan korelasi ganda dengan menggunakan Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa nilai rata-rata tes kosakata adalah 82. Dari hasil yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, sebagian besar siswa memiliki tingkat penguasaan kosakata yang Sangat Baik dalam berbicara bahasa Inggris. Kemudian, nilai rata-rata siswa dari kepercayaan diri siswa adalah 81. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, sebagian besar siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang sedang dalam berbicara bahasa Inggris. Selain itu, dari analisis data penelitian ini, peneliti menemukan hasil pengujian korelasi simultan antara penguasaan kosakata dan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris, ditemukan bahwa nilai Sig. 0.212 yang lebih dari 0.05 (> 0.05). Oleh karena itu, berdasarkan hasil di atas, hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan secara simultan antara penguasaan kosakata dan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris. Tidak adanya hubungan ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata yang tinggi dan kepercayaan diri tidak cenderung naik atau turun seiring dengan kemampuan berbicara siswa.
Actions (login required)
|
View Item |