Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 22 Padang

Arafah, Auliani (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_AULIANI_ARAFAH_20177001_71_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data investigasi awal yang dilakukan dengan mewawancarai salah seorang guru IPA di SMPN 22 Padang diketahui bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik masih cenderung pasif, keaktifan masih kurang, minat dan motivasi peserta didik masih rendah. Bahan ajar yang digunakan buku cetak dan LKS. Dengan adanya kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik pada materi sistem pernapasan dan sistem ekskresi, sehingga nilai peserta didik yang belum mencapai KKM yang ditetapkan. Oleh karena itu, dibutuhkan e-modul yang dapat membantu peserta didik dalam memvisualisasikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan dan sistem ekskresi untuk peserta didik kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research phase), fase perancangan dan pembuatan prototipe (development and prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase). Subjek penelitian ini peserta didik kelas VIII SMPN 22 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022 Semester Genap. Data penilaian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi, data praktikalitas diperoleh dari hasil analisis angket respon peserta didik dan guru, serta data efektivitas dilihat dari hasil kompetensi belajar peserta didik dari aspek ranah kognitif, afektif dan psikomotor serta aktivitas belajar peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa e-modul berbasis PBL menunjukkan kriteria sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh validator dengan nilai 84.24%. Penilaian praktikalitas oleh guru menunjukkan nilai 90.68% dengan kriteria sangat praktis dan penilaian praktikalitas oleh peserta didik memperoleh nilai 87.72% dengan kriteria sangat praktis. Uji efektivitas e-modul berbasis problem based learning dari aspek ranah kognitif, afektif dan psikomotor serta aktivitas belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENELITIAN PENGEMBANGAN, E-MODUL, PROBLEM BASED LEARNING, ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Sep 2024 05:57
Last Modified: 21 Sep 2024 05:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54061

Actions (login required)

View Item View Item