Chatbot Telegram sebagai Media Informasi dengan Pendekatan Customer Relationship Management di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Fajri, Hidayatul (2024) Chatbot Telegram sebagai Media Informasi dengan Pendekatan Customer Relationship Management di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_7_HIDAYATUL_FAJRI_21026032_5623_2024.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan makalah ini untuk mendeskripsikan bagaimana tahapan dalam pembuatan bot Telegram sebagai media informasi tentang Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tahapan kerja yang digunakan dalam pembuatan bot Telegram sebagai media informasi menggunakan model ADDI dimana hasil dari penelitian yang memiliki empat tahapan yaitu: (1) analisis melalui wawancara, dari hasil data yang terkumpul saat melakukan wawancara dengan salah satu pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat selaku bagian Layanan Informasi dan Pengunjung menyatakan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mempunyai media informasi seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Web DAP. Akan tetapi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat belum mempunyai satu media informasi yaitu berupa aplikasi Telegram karena aplikasi tersebut juga banyak digunakan sebagai media penyebaran informasi; (2) desain, melakukan kegiatan perencanaan yang meliputi pembuatan storyboard media informasi berbasis bot Telegram yang dimana didukung dengan elemen informasi yang dapat berupa teks, tautan link, foto, dan video agar pemustaka tertarik untuk menggunakannya; (3) development, tahap ini dibagi menjadi dua tahap yaitu cara membuat media bot Telegram dan input elemen informasi ke dalam media bot Telegram. Dalam pembuatan bot Telegram menggunakan Bot Father dan Many Bot. Sedangkan input elemen informasi ke dalam bot Telegram merupakan tahapan dalam menginput elemen informasi yang terdapat pada storyboard ke dalam bot Kaba DAP Sumbar; (4) implementasi, penyebarluasan produk dilakukan dengan cara penyebaran memposting QR Code di media sosial yaitu Instagram, Facebook, dan WhatsApp atau dengan pencarian di telegram dengan mengetik @kabadapsumbar_bot. Kedua, hasil dari uji coba produk bot Telegram Kaba DAP Sumbar ini mendapatkan kategori “sangat baik”. Hasil angket pada tahap uji coba pada produk dapat diketahui bahwa penilaian produk mendapatkan 95,71 % dari responden sedangkan 4,29 % lagi merupakan kritikan dari saran responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorFatmawati, RiyaUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TELEGRAM, MEDIA INFORMASI, CUSTOMER RELATIONSHIP
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:07
Last Modified: 20 Sep 2024 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54058

Actions (login required)

View Item View Item