Tindak Tutur Ekspresif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMP Negeri 34 Kerinci.

Putra, Hengky Aryan (2024) Tindak Tutur Ekspresif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMP Negeri 34 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_HENGKY_ARYAN_PUTRA_20016018_5863_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penclitian ini ada dua. Pertama, Mendeskripsiskan bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas IX SMP Negeri 34 Kerinci. Kedua, mendeskripsikan apa saja strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalamn proses belajar mengajar di kelas IX SMP Negeri 34 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian iní adalah kalimat-kalímat berupa bentuk dan strategi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia kelas IX SMP Negeri 34 Kerinci dalam proses belajar mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh tuturan salah seorang guru bahasa Indonesia saat proses belajar mengajar dari awal sampai akhir pembelajaran. Data tersebut berupa rekaman yang ditranskipkan ke dalam bentuk tulisan. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas IX SMP Negeri 34 Kerinci. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan alat bantu dalam pelaksanaannya berupa alat perekam (handphone) dan alat tulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah teknik SLBC. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP negeri 34 Kerinci ada lima, (1) tindak tutur ekspresif memuji, (2) tindak tutur ekspresif mengkritik, (3) tindak tutur ekspresif menyalahkan, dan (4) tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih, dan (5) Tindak utur ekspresf meminta maaf. Kedua, strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP Negeri 34 Kerinci ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samr-samar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TINDAK TUTUR, PEMBELAJARAN BAHASA, GURU
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:00
Last Modified: 20 Sep 2024 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54055

Actions (login required)

View Item View Item