Indriani, Dila
(2024)
Kemampuan Penggunaan Yari Morai Hyougen Mahasiswa Tahun Masuk 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan mahasiswa dalam memahami penggunaan yari morai hyougen yang mempunyai arti sama namun penggunaannya berbeda dalam kalimat bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan yari morai hyougen mahasiswa tahun masuk 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode statistik deskriptif yang datanya berupa nilaidengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yang mana pengambilan anggota sampel dari populasi yang diambil sebagian dari jumlah populasi yaitu data sampelnya 25 orang. Data dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes kemampuan yari morai hyougen mahasiswa tahun masuk 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan yari morai hyougen secara keseluruhan berada pada kualifikasi “cukup baik” dengan rata-rata 62,4. Kedua, kemampuan ageru indikator mahasiswa mampu menempatkan kata kerja ageru dalam kalimat bahasa Jepang dengan benar berada pada kualifikasi “cukup baik” dengan rata-rata 62,2. Ketiga, kemampuan kureru indikator mahasiswa mampu menempatkan kata kerja kureru dalam kalimat bahasa Jepang dengan benar berada pada kualifikasi “lebih dari cukup” dengan rata-rata 63,6.
Actions (login required)
|
View Item |