Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Media Sosial X terhadap Konflik antara Israel dan Palestina Menggunakan Algoritma Support Vector Machine

Carina, Fadhillah Meisya (2024) Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Media Sosial X terhadap Konflik antara Israel dan Palestina Menggunakan Algoritma Support Vector Machine. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_FADHILLAH_MEISYA_CARINA_20337018_3290_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konflik antara Israel dan Palestina merupakan konflik yang paling lama berlangsung di wilayah Timur Tengah yaitu sejak tahun 1917 dan masih berlangsung hingga saat ini. Konflik ini merupakan salah satu konflik dunia internasional yang melibatkan banyak negara Arab dan negara Barat dalam pertikaiannya. Konflik antara Israel dan Palestina menyebabkan negara-negara di dunia terbagi menjadi dua kubu, yaitu kubu pro terhadap kemerdekaan Palestina dan kubu kontra. Dampak dari konflik ini juga menciptakan polarisasi di antara masyarakat Indonesia dan membentuk opini publik yang beragam pada aplikasi media sosial X. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana klasifikasi sentimen pengguna aplikasi media sosial X terhadap konflik antara Israel dan Palestina. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang diawali dengan mempelajari dan menganalisis teori-teori yang relevan dengan permasalahan. Data yang digunakan ialah tweet berbahasa Indonesia yang terkait dengan kata kunci Israel ataupun Palestina yang diperoleh dari aplikasi media sosial X dengan menggunakan teknik web scraping. Data hasil text preprocessing akan diberi label dan dibobotkan menggunakan analisis sentimen. Algoritma yang akan digunakan untuk memilah data adalah algoritma Support Vector Machines yang dapat mengklasifikasikan data dengan cara menentukan hyperplane terbaik untuk memberi pemisah antara opini yang bersifat pro Israel atau pro Palestina. Hasil pada tahapan text preprocessing diperoleh 1000 data komentar dengan pembagian 800 data latih dan 200 data uji. Berdasarkan proses klasifikasi analisis sentimen pengguna aplikasi media sosial X terhadap konflik antara Israel dan Palestina menggunakan algoritma Support Vector Machines diperoleh tingkat akurasi sebesar 93%. Dari hasil pengujian 200 data uji, diperoleh hasil 198 komentar pro Palestina dan 2 komentar pro Israel, sehingga dapat disimpulkan bahwa masyarakat lebih banyak memihak atau mendukung kemerdekaan Palestina pada konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSalma, AdmiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorMartha, ZamahsaryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGGUNA APLIKASI MEDIA SOSIAL
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:47
Last Modified: 17 Sep 2024 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54029

Actions (login required)

View Item View Item