Pembuatan Buku Cerita Bergambar tentang Perpustakaan untuk Anak Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Minat Kunjung Anak di Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Zulti, Azzahra (2024) Pembuatan Buku Cerita Bergambar tentang Perpustakaan untuk Anak Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Minat Kunjung Anak di Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_7_AZZAHRA_ZULTI_21026017_5460_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar yang fokus pada tema perpustakaan, dengan harapan bisa meningkatkan minat anak-anak sekolah dasar untuk berkunjung ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yang mencakup observasi, wawancara dengan staf perpustakaan, serta penyebaran angket kepada anak-anak yang berkunjung ke perpustakaan. Pengembangan buku cerita ini dimulai dengan memahami kebutuhan dan minat anak-anak terhadap bahan bacaan. Proses desain mencakup alur cerita, karakter, dan ilustrasi yang menarik serta sesuai dengan selera anak-anak. Melalui uji coba, buku ini terbukti sangat efektif, dengan tingkat kelayakan 94,28%, dalam menarik minat anak untuk membaca dan berkunjung ke perpustakaan. Umpan balik dari anak-anak digunakan untuk melakukan revisi, memastikan buku ini benar-benar memenuhi harapan dan kebutuhan mereka. Buku cerita bergambar ini tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan minat baca, tetapi juga sebagai sarana penting dalam memperkenalkan anak-anak pada dunia literasi dan mendorong kunjungan rutin ke perpustakaan, menciptakan fondasi bagi kebiasaan membaca yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorAsmara, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUKU CERITA, PERPUSTAKAAN SEKOLAH, MINAT
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:49
Last Modified: 13 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54016

Actions (login required)

View Item View Item