Perbandingan Metode SMOTE, ADASYN, dan SCUT untuk Mengatasi Ketidakseimbangan Dataset Survei Kerangka Sampel Area yang Memanfaatkan Citra Satelit Landsat 8

Sondriva, Wilia (2024) Perbandingan Metode SMOTE, ADASYN, dan SCUT untuk Mengatasi Ketidakseimbangan Dataset Survei Kerangka Sampel Area yang Memanfaatkan Citra Satelit Landsat 8. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Wilia_Sondriva_20337013_4787_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kerangka Sampel Area (KSA) merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengukur produktivitas padi di Indonesia. Data KSA adalah data penting karena data ketersediaan pangan yang berkualitas dan akurat sangat dibutuhkan. Namun ditemukan ketidakseimbangan multiclass yang ekstim pada dataset suvei KSA tersebut. Salah satu solusi yang digunakan untuk mengamati kelas yang ada pada KSA adalah dengan memanfaatkan citra satelit Landsat 8. Metode yang dapat digunakan untuk mengatasi ketidakseimbang multiclass adalah Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE), Adaptive Synthetic Resampling (ADASYN), dan SMOTE and Cluster-based Undersampling Technique (SCUT). Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perbandingan karakteristik dari data sintetik atau data buatan yang dihasilkan dari ketiga metode penanganan ketidakseimbangan tersebut terhadap dataset asli. Penelitian ini merupakan penelitian terapan, yakni penerapan metode SMOTE, ADASYN, dan SCUT dalam menangani ketidakseimbangan multiclass pada dataset survei KSA dengan memanfaatkan citra satelit Landsat 8. Indeks citra satelit yang digunakan adalah Enhanced Vegetation Index (EVI) pada periode ke-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa penananganan ketidakseimbangan multiclass pada dataset survei KSA menggunakan metode SMOTE, ADASYN, dan SCUT mampu membuat dataset menjadi seimbang. Kemudian dilakukan perbandingan rataan antara ketiga metode penanganan ketidakseimbangan terhadap dataset asli. Hasil pengujian diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan rataan antara ketiga metode terhadap dataset asli. Hal ini membuktikan bahwa data sintetik yang dihasilkan metode SMOTE, ADSYN, dan SCUT memiliki karakteristik yang sama dengan dataset asli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:44
Last Modified: 12 Sep 2024 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54007

Actions (login required)

View Item View Item