Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking Guru Kimia Sekolah Penggerak pada Materi Hukum Dasar Kimia dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar

Elvira, Sophia (2023) Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking Guru Kimia Sekolah Penggerak pada Materi Hukum Dasar Kimia dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SOPHIA_ELVIRA_18035022_627_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang berlaku saat ini. Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran yang berdasarkan pada kurikulum dan diimplementasikan tujuan dalam mencapai standar kompetensi yang sudah ditetapkan. PedChemSense bertujuan untuk meningkatkan nilai analitis perencanaan pembelajaran dalam model PCK pada mata pelajaran kimia.Materi hukum dasar kimia merupakan salah satu materi pokok kimia dalam kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan profil Pedagogical Chemistry Sensemaking guru kimia sekolah penggerak pada materi hukum dasar kimia dalam penyusunan kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitia ini dilakukan pada SMAN 2 Padang dan SMAN 3 Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER) yang dimodifikasi berfokus pada analisis struktur konten saja. Instrumen yang digunakan: Lembar analisis standar isi, Lembar analisis level pengetahuan, keterampilan dan sikap, Lembar analisis materi (multiple representasi) pada materi hukum dasar kimia, Daftar check Analisis dokumen PedChemSense pada materi hukum dasar kimia, dan Lembar interview. Teknik analisa data digunakan berdasarkan Miles dan Hubberman dengan tahap: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan PedChemSense guru kimia SMAN 2 Padang menunjukkan Chemistry Sensemaking 1, 2 dan 4 serta Pedagogical Sensemaking 1, 2, 3 dan 4 dapat ditampilkan dengan baik pada modul ajar, tetapi Chemistry Sensemaking 3 tidak. Sedangkan Pedchemsense guru kimia SMAN 3 Padang menunjukkan Chemistry Sensemaking 1,2 dan 4 serta Pedagogical Sensemaking 1,2 dan 4 dapat muncul pada modul ajar, tetapi Chemistry Sensemaking 3 dan Pedagogical Sensemaking 3 tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM MERDEKA, MODUL AJAR, PEDCHEMSENSE, HUKUM DASAR KIMIA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:18
Last Modified: 12 Sep 2024 05:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54002

Actions (login required)

View Item View Item