Kemampuan Pseudomonad Fluoresen yang Diisolasi dari Beberapa Rizosfir Tanaman dalam Menghasilkan Indole Acetic Acid (IAA)

Arlina, Sistika (2024) Kemampuan Pseudomonad Fluoresen yang Diisolasi dari Beberapa Rizosfir Tanaman dalam Menghasilkan Indole Acetic Acid (IAA). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_SISTIKA_ARLINA_20032096_4083_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pseudomonad fluoresen adalah kelompok bakteri yang berasal dari rizosfir tanaman dan dapat menghasilkan Indole Acetic Acid (IAA). IAA merupakan bentuk alami hormon Auksin yang berperan dalam pertumbuhan serta perkembangan tanaman, seperti proses pemanjangan dan pembelahan sel, diferensiasi, tropisme, dominansi apikal, absisi dan pembungaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan isolat pseudomonad fluoresen yang diisolasi dari rizosfir beberapa dalam menghasilkan IAA. Isolat pseudomonad fluoresen yang digunakan adalah PSB1, PSB2, PSB3, PSB4, PSB5 yang berasal dari rizosfir Pisang Buai (Musa paradisiaca var. sapientum L.), KO yang berasal dari rizosfir Kol (Brasicca oleracea var. capitata L.), dan CB berasal dari rizosfir Cabe (Capsicum annuum L.). Penelitian dilaksanakan dari Juni sampai Agustus 2023 di Laboratorium Penelitian Biologi FMIPA UNP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan meliputi uji kualitatif dengan mengamati perubahan warna dan uji kuantitatif dengan mengukur absorbansi menggunakan spektrofotometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pseudomonad fluoresen isolat PSB1, PSB2, PSB3, PSB4, PSB5, KO, dan CB memiliki kemampuan yang berbeda dalam menghasilkan IAA. Pseudomonad fluoresen yang mempunyai kemampuan tertinggi dalam menghasilkan IAA adalah isolat PSB5 sebesar 29,97 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:48
Last Modified: 12 Sep 2024 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54001

Actions (login required)

View Item View Item