Rafika, Rafika
(2024)
Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw
di Kelas V SD Negeri 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik, proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, peserta didik yang kesulitan dalam memahami teks bacaan dan mengidentifikasi gagasan utama atau ide pokok serta detail penting yang terdapat dalam teks yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Pengamatan, 4) Tahap Refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SD Negeri 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi dengan jumlah peserta didik 24 orang, 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu : (1) Persentase penilaian rata-rata modul ajar pada siklus I pertemuan 1 adalah 82%, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 89%, dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. (2) Persentase penilaian rata-rata aspek guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 75%, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 83%, dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. (3) Persentase penilaian rata-rata aspek peserta didik pada siklus I pertemuan 1 adalah 82%, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 85%, dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. (4) Penilaian rata-rata keterampilan membaca pemahaman peserta didik pada siklus I pertemuan 1 adalah 71,5, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 76, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,5. Dengan demikian, penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |