Evaluasi Teknis Sistem Penyangga Berdasarkan Metode RMR-System Pada Lubang D-25 L3 Tambang Batubara Bawah Tan ah PT. Dasrat Sarana Arang Sejati (PT. DSAS), Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Pratama, Aldo Surya (2023) Evaluasi Teknis Sistem Penyangga Berdasarkan Metode RMR-System Pada Lubang D-25 L3 Tambang Batubara Bawah Tan ah PT. Dasrat Sarana Arang Sejati (PT. DSAS), Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_ALDO_SURYA_PRATAMA_17137044_221_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Potensi ketidakstabilan yang terjadi terhadap batuan pada saat penggalian lubang maju biasanya akan selalu membutuhkan penanganan khusus yang berfungsi untuk dua hal yaitu keselamatan pekerja dan keselamatan peralatan yang terdapat di dalam tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelas massa batuan, nilai kekuatan penyangga, faktor keamanan lubang bukaan dan faktor keamanan penyangga, dan rekomendasi penyangga yang aman berdasarkan kelas batuan dan dimensi penyangga. Dalam melakukan pembobotan kelas massa batuan dilakukan dengan menggunakan metode RMR-System berdasarkan Bieniawski 1989. Analisis ini dilakukan dengan cara melakukan pembobotan nilai batuan berdasarkan parameter : nilai kuat tekan batuan, nilai rock quality designation, nilai spasi diskontinuitas, nilai kondisi diskontinuitas, nilai air tanah, dan nilai orientasi kekar terhadap terowongan. Hasil dari analisis berupa nilai kelas massa batuan, kekuatan batuan, potensi keruntuhan, nilai stand up time, dan rekomendasi penyangga berdasarkan nilai kelas massa batuan. Dari hasil analisis pada kemajuan 100 m dari kanopi didapatkan hasil kualitas massa batuan dengan kelas III (Fair Rock) untuk dinding terowongan yang merupakan batubara, dan batuan kelas II (Good Rock) untuk batuan atap yang merupakan siltstone. Dari hasil analisis kekuatan kayu penyangga berdasarkan kelas kuat kayu didapatkan kayu penyangga yang digunakan PT. DSAS termasuk dalam kayu kelas III dimana memiliki nilai kuat lengkung kayu sebesar 702,5 kg/cm2 dan nilai kuat tekan kayu sebesar 412,5 kg/cm2. Faktor keamanan cap dan side post aktual di lubang D-25 L3 PT.DSAS adalah 1,37 dan 5,80 denganjarakpenyanggarata-rata adalah 1,83 m. FK cap masih dikategorikan tidak aman karena berada di bawah 1,5, maka dilakukan evaluasi penyangga denganjarak penyangga 1,67 sehingga didapatkan FK ~ 1,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorKopa, RaimonUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:37
Last Modified: 10 Sep 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53938

Actions (login required)

View Item View Item