Praktikalitas dan Efektivitas Penuntun Praktikum Berbasis Problem Based Leaning pada Materi Koloid terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA

Ramadani, Radhia (2023) Praktikalitas dan Efektivitas Penuntun Praktikum Berbasis Problem Based Leaning pada Materi Koloid terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_RADHIA_RAMADANI_18035026_446_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara di MAS PERSADA Ulakan Tapakis didapatkan data bahwa 60% peserta didik beranggapan materi koloid ini sulit. Guru kimia disekolah ini juga menyatakan hasil belajar peserta didik pada materi koloid masih dikategorikan sedang. Pada penelitian ini sudah tersedia Penuntun Praktikum berbasis Problem Based Learning pada materi koloid yang sudah valid akan tetapi belum praktis dan efektif sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat praktikalitas dan efektivitas pada penuntun praktikum berbasis Problem Based Learning pada materi koloid kelas XI SMA. Jenis penelitian ini yaitu pra-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA di MAS PERSADA Ulakan Tapakis dan peserta didik yang sudah mempelajari materi koloid. Pada penelitian praktikalitas diambil sampel 25 orang peserta didik kelas XII MAS Persada Ulakan Tapakis dan 3 orang guru, 1 guru dari MAS PERSADA Ulakan Tapakis sedangkan 2 guru lagi dari SMA 1 Ulakan Tapakis. Sedangkan pada uji efektivitas sampel yang diambil yaitu Kelas XI IPA 1. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket praktikalitas untuk guru dan peserta didik, serta 20 soal pilihan ganda pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan data angket praktikalitas untuk guru yaitu 85% dengan kategori sangat praktis dan angket praktikalitas pada peserta didik yaitu 87% dikategorikan sangat praktis juga. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum sudah sangat praktis. Sedangkan pada penelitian efektivitas penuntun praktikum yang diujikan kepada kelas XI IPA 1 yang belum mempelajari materi koloid dengan jumlah peserta didik yaitu 25 orang didapatkan nilai N-Gain yaitu 0,758, dimana penuntun praktikum dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfendi, EfendiUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PRAKTIKALITAS, EFEKTIVITAS, PENUNTUN PRAKTIKUM, PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:43
Last Modified: 09 Sep 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53918

Actions (login required)

View Item View Item