Silfitri, Oktayola
(2022)
Pengembangan Tes Diagnostik Esai Terstruktur
Kimia Sebagai Instrumen Penilaian Hasil Belajar
dan Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Laju
Reaksi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Instrumen tes yang komprehensif mampu mempermudah pendidik
untuk mengukur beberapa aspek pada peserta didik diantaranya hasil
belajar, miskonsepsi serta materi penghambat. Tujuan dari penelitian ini
ialah menghasilkan instrumen tes diagnostik esai terstruktur kimia yang
mampu untuk mengukur beberapa aspek diatas pada materi laju reaksi dan
mampu memenuhi kriteria tes yang baik dari segi validitas, reliabilitas,
indeks kesukaran serta daya pembeda. Prosedur penelitian ini terdiri dari
tiga tahapan yakninya, tahap penentuan isi, tahap memperoleh informasi
mengenai kesalahpahaman konsep pada peserta didik serta tahap
pengembangan instrumen SEDToC. Instrumen tes SEDToC materi laju
reaksi dilakukan validasi oleh 3 orang dosen dan 2 orang guru kimia.
Instrumen tes ini diujicobakan kepada 30 orang peserta didik kelas XI IPA
SMAN 1 Pantai Cermin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes
diagnostik kimia materi laju reaksi yang dikembangkan telah valid dilihat
dari segi konten, reliabilitas tes yang tergolong tinggi yaitu 0,85. Analisa
indeks kesukaran didapatkan sebanyak 3 butir soal tergolong mudah dan 7
soal tergolong sedang. Analisa daya pembeda didapatkan sebanyak 1 butir
soal tergolong jelek, 2 butir soal tergolong cukup, 4 butir soal tergolong
baik serta 3 butir soal tergolong sangat baik. Hasil penelitian instrumen
SEDToC materi laju reaksi yang diperoleh menunjukkan mampu mengukur
hasil belajar, miskonsepsi serta materi penghambat pada peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |