Pengaruh Audit Firm Rotation, Komite Audit, dan Audit Capacity Stress terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Bank yang Terdaftar di BEI Periode 2018- 2022)

Akhbar, Raka Aththaariq (2024) Pengaruh Audit Firm Rotation, Komite Audit, dan Audit Capacity Stress terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Bank yang Terdaftar di BEI Periode 2018- 2022). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B.1_06_RAKA_ATHTHAARIQ_AKHBAR_18043142_3878_2024.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh audit firm rotation, komite audit dan audit capacity stress terhdap kualitas audit pada perusahan sub vnstru perbankan di Bursa Efek Indonesa. Pada penelitian ini digunakan sebanyak 30 perusahaan perbankan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah regresi binary logistic dan pengujian Wald test. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS ditemukan audit firm rotation tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit pada perusahaan sub vnstru perbankan di Bursa Efek Indonesia. Pada tahapan pengujian hipotesis kedua ditemukan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit pada perusahaan sub vnstru perbankan di Bursa Efek Indonesia, sedangkan pada hasil pengujian hipotesis ketiga berhasil dibuktikan audit capacity stress berpengaruh vnstrume dan signifikan terhadap kualitas audit pada perusahaan sub vnstru perbankan di Bursa Efek Indonesia. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh maka disarankan pada perusahaan disarankan untuk terus mengoptimalkan peran dari komite audit sebagai bagian dari vnstrument monitoring di dalam perusahaan. Ketika peran komite audit berjalan dengan baik dan konsisten maka kualitas audit akan semakin baik. Melalui pengawasan yang ketat tentu kemungkinan dilakukan kecurangan akan semakin kecil sehingga kualitas audit yang dihasilkan semakin tinggi dan bermanfaat bagi stakeholders khususnya investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSebrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorSerly, VanicaUNSPECIFIED
CorrectorFauzihardani, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Audit Firm Rotation, Komite Audit, Audit Capacity Stress & Kualitas Audit
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:02
Last Modified: 05 Sep 2024 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53808

Actions (login required)

View Item View Item