Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kabupaten Agam

Annisa, Mutiara (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MUTIARA_ANNISA_ 20129096_3441_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peserta didik kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran baik secara kelompok maupun individu, kurang terlatih dalam bekerja sama dengan kelompok, kurang tertarik dalam proses pembelajaran, sehingga Peserta didik hanya sibuk mengobrol dengan teman nya, kurang bersemangat ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga merasa bosan karena pembelajaran yang hanya fokus pada tulisan dan buku saja, kurang dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis dalam memecahkan masalah nyata yang dekat dengan lingkungan Peserta didik, serta kurang dapat mengembangkan keterampilan berbicara dan mengemukakan pendapat dalam memecahkan masalah. Sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar Peserta didik di kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example di kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kabupaten Agam. Penelitian ini diksanakan di SDN 01 Tigo Alua Kabupaten Agam dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta Peserta didik di kelas IV. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 1 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Modul Ajar di siklus I diperoleh rata-rata skor 82,2% (Baik) dan pada siklus II diperoleh skor 92,9% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,0% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 91,7% (Sangat Baik). Aspek Peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 77,8% (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 91,7% (Sangat Baik). Hasil belajar Peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,6 (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 91,2 (Sangat Baik). Dengan demikian model Cooperative Learning tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan pancasila di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:44
Last Modified: 05 Sep 2024 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53794

Actions (login required)

View Item View Item