Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Nursifah, Nursifah (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NURSIFAH_18029040_700_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik agar dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari dan mengembangkan kemampuan matematika yang dimilikinya. Selain itu, kemampuan literasi matematis digunakan sebagai salah satu fokus utama nasional untuk menilai mutu pendidikan di sekolah. Kenyataannya, kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan literasi matematis peserta didik yang belajar dengan model konvensional, dan untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematis peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning mengalami perkembangan di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan rancangan penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dengan kelas VIII-4 dan VIII-7 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis dalam bentuk essay. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t^', diperoleh PValue=0,000 <0,05 maka tolak H0. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan literasi peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Kemampuan literasi matematis yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS, PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:44
Last Modified: 04 Sep 2024 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53781

Actions (login required)

View Item View Item