Aknura, M. Warits
(2024)
Meningkatkan Kemampuan Gerakan Sholat Menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Siswa Disabilitas Intelektual ringan (Classroom Action Research pada kelas VIII di SLB Berkah Bersama Kayutanam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dua orang siswa disabilitas Intelektual Ringan (MY dan RS) mengalami masalah dalam melakukan gerakan sholat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan video tutorial dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri II siklus. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas III yaitu buk elvi Susanti. Peneliti sebagai pemberi tindakan dan kolaborator sebagai pengamat. Siklus penelitian yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes (tes lisan dan tes perbuatan). Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan tata cara gerakan sholat, kemampuan awal anak MY 45% dan RS 40%. Siklus I MY meningkat menjadi 80% dan RS meningkat menjadi 70%. Siklus II MY lebih meningkat menjadi 98% dan RA juga lebih meningkat menjadi 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Gerakan sholat anak disabilitas intelektual ringan dapat ditingkatkan melalui media video tutorial.
Actions (login required)
|
View Item |