Pengaruh Online Customer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Melalui Online Travel Agent (Traveloka) di We Hotel Lubuklinggau

Saputra, Panji (2024) Pengaruh Online Customer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Melalui Online Travel Agent (Traveloka) di We Hotel Lubuklinggau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_PANJI_SAPUTRA_20135029_1954_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh online customer review dan harga terhadap keputusan pemesanan kamar melalui online travel agent (Traveloka) di We Hotel Lubuklinggau, dimana dilatar belakangi oleh penurunan keputusan pemesanan kamar pada bulan Januari dan November diakibatkan adanya ulasan kurang memuaskan terhadap kualitas pelayanan dan produk atau jasa yang diberikan. Serta adanya daya saing harga antara traveloka dan online travel agent lainnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 121 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang disusun menurut skala likert dan data dikumpulkan dengan menyebarkan angket yang telah disusun kemudian diberikan kepada responden yang telah diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya dengan bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 20.00. Data yang telah terkumpul lalu dianalisis melalui Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan online customer review berada pada kategori baik yaitu dengan nilai rata-rata 3,78, harga dengan kategori baik dengan nilai rata�rata 3,77 dan variabel keputusan menginap menunjukan kategori baik dengan nilai rata-rata 3,82. Hasil pengujian hipotesis online customer review (X1) terhadap keputusan menginap (Y) diperoleh t-statistic 3,754 > 1,96 dan p value 0.000 < 0.05, Dengan demikian online customer review (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan menginap (Y). Dan hasil pengujian hipotesis harga (X2) terhadap keputusan menginap (Y) diperoleh t-statistic 3,609 > 1,65 dan p value 0.000 < 0.05, Dengan demikian harga (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan menginap (Y). Selanjutnya nilai R square memperlihatkan online customer review (X1) dan harga (X2) berpengaruh besar terhadap keputusan pemesanan (Y) dengan nilai persentase 80,9% sedangkan persentase sisanya 19,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFerdian, FeriUNSPECIFIED
CorrectorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorFiza, Adek KurniaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:56
Last Modified: 02 Sep 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53742

Actions (login required)

View Item View Item