Luthfi, Afifah Mutiara
(2024)
Deskripsi Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya mahasiswa baru yang cenderung mempunyai penyesuaian akademik rendah. Mahasiswa baru sulit menyesuaikan dirinya terhadap proses peralihan dari masa sekolah ke masa perkuliahan. Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa baru dapat berupa kesulitan beradaptasi dengan metode perkuliahan dan sistem kredit semester. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat penyesuaian akademik mahasiswa baru FIP UNP (2) menguji perbedaan penyesuaian akademik mahasiswa baru FIP UNP berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan (3) menguji perbedaan penyesuaian akademik mahasiswa baru FIP UNP berdasarkan asal daerah luar Sumbar dan Sumbar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi penelitian terdiri dari 1302 mahasiswa baru FIP UNP 2023 dan sampel penelitian sebanyak 200 mahasiswa baru 2023 dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian akademik dengan model skala Likert yang dianalisis dengan teknik persentase dan untuk melihat beda menggunakan uji beda t-test dengan bantuan program SPSS versi 22 for windows.
Hasil penelitian mengungkapkan: (1) penyesuaian akademik mahasiswa baru berada pada kategori sedang (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian akademik mahasiswa baru laki-laki dan perempuan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian akademik mahasiswa baru yang berasal dari luar Sumbar dan Sumbar.
Actions (login required)
|
View Item |