Amalia, Rizke
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas IV SD Negeri 04 Garegeh
Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak
pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota
Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan Model Problem
Based Learning di kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi.
Penelitian ini dilaksanakan dengan model Problem Based Learning di
kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah
guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 24 orang. Pendekatan yang
digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I
terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus
meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai
dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,5 (B) dan
siklus II menjadi 94 (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82,25 (B)
dan siklus II 96 (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata
82,25 (B), dan siklus II menjadi 93 (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta
didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77,5 (C) dan siklus II rata-rata 92 (A) .
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem
Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |