Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Station Rotation untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder: Single Subject Research di Kelas VIII SMP Negeri 23 Padang

Makmur, Nur Aufa (2023) Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Station Rotation untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder: Single Subject Research di Kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Nur_Aufa_Makmur_18003149_804_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak ADHD pada umumnya memiliki masalah dalam berkonsentrasi, salah satunya ialah kemampuan konsentrasi dalam belajar. Berdasarkan hasil asesmen, terdapat salah seorang anak ADHD di sekolah inklusif yang memiliki konsentrasi belajar yang rendah. Strategi pembelajaran station rotation merupakan salah satu strategi pembelajaran berdiferensiasi yang menggunakan statiun-stasiun sebagai cara untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan durasi waktu yang telah ditentukan, serta anak dikelompokkan berdasarkan kesiapan, minat dan profil belajar. Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas strategi pembelajaran station rotation dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD. Penelitian ini menggunakan desain single subject research dengan model reversal design tipe A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan konsentrasi belajar pada anak ADHD di kelas inklusi. Penelitian menggunakan strategi pembelajaran station rotation dalam meningkatkan konsentrasi belajar efektif untuk diterapkan pada anak ADHD di sekolah inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:45
Last Modified: 27 Aug 2024 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53553

Actions (login required)

View Item View Item