Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro Kelas XI SMK

Hairani, Wilda (2024) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro Kelas XI SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Wilda_Hairani_18004045_672_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Saat melaksanakan kegiatan pembelajaran APKM, ditemukan siswa secara keseluruhan sudah memiliki Android yang diperbolehkan digunakan untuk mencari referensi tambahan terkait materi yang dipelajari. Hal ini tidak dimanfaatkan guru untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dan guru masih terfokus pada penggunaan media pembelajaran yang bersifat konvesional. Keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan kurangnya inovasi serta kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran menyebabkan pesan dari pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik, sehingga pemahaman materi dan motivasi belajar siswa serta partisipasi belajar siswa menjadi rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and development (R&D), model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Uji validitas produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 19 orang siswa kelas XI Perbankan SMK Negeri 1 Pasaman dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran observasi, angket, dan format penilaian. Berdasarkan hasil dari validasi materi diperoleh nilai 4,69 “Sangat Layak” sehingga materi dinyatakan layak untuk digunakan, hasil validasi media 1 diperoleh nilai 4,94 “Layak” dan validasi ahli media 2 diperoleh nilai 4,94 “Sangat Layak”, sehingga media dikategorikan layak untuk diuji cobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas siswa diperoleh nilai 4,55 “Sangat Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro kelas XI SMK layak dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:39
Last Modified: 27 Aug 2024 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53544

Actions (login required)

View Item View Item