Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Board Independence sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022.

Murni, Iit Gusti Sri (2024) Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Board Independence sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_IIT_GUSTI_SRI_MURNI_20043011_4275_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur kepemilikan mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Board Independence sebagai variabel moderasi. Pengungkapan CSR sebagai variabel dependen, sedangkan kepemilikan institusional, pemerintah, dan asing sebagai variabel independen. Variabel moderasinya adalah board independence. Pengungkapan CSR diukur dengan membagi bobot pengungkapan dengan jumlah item pengungkapan. Kepemilikan institusional diukur dengan membagi saham institusional dengan total saham. Kepemilikan pemerintah diukur dengan membagi saham pemerintah dengan total saham. Kepemilikan asing diukur dengan membagi saham asing dengan jumlah saham. Independensi Dewan diukur dengan membagi jumlah komisaris independen dengan jumlah dewan komisaris. Datanya berupa annual report dan sustainability report perusahaan pertambangan di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022, dengan sampel sebanyak 28 perusahaan. Purposive sampling dan regresi linier moderasi digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan institusional dan pemerintah tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, sedangkan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Board Independence mampu memoderasi hubungan antara kepemilikan institusional dan pengungkapan CSR, sedangkan kepemilikan pemerintah dan asing tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSerly, VanicaUNSPECIFIED
CorrectorSebrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorPebriyani, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, BOARD INDEPENDENCE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:39
Last Modified: 27 Aug 2024 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53543

Actions (login required)

View Item View Item