Pengembangan E-Modul Berbasis Model Guide Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question pada Materi Termokimia Kelas XI SMA

Chaira, Luthfia (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Model Guide Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_LUTHFIA_CHAIRA_18035066_444_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara guru kimia dari tiga sekolah di Kabupaten Padang Pariaman menyatakan bahwa bahan ajar yang dimiliki belum dapat membantu peserta didik untuk belajar mandiri. Hasil angket peserta didik menunjukkan 70% responden menyatakan materi termokimia sulit untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis model Guided Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question yang valid dan praktis untuk membantu peserta didik memahami materi termokimia dengan mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach And Development model Plomp. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Enam Lingkung dan FMIPA UNP dengan subjek penelitian guru kimia dan siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Enam Lingkung dan Dosen Kimia FMIPA UNP. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Data validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V sedangkan data praktikalitas dianalisis dengan menentukan persentase praktikalitas dari perbandingan jumlah skor responden dengan jumlah skor maksimal. Hasil validitas e-modul memperoleh indeks validitas rata-rata 0,887 untuk komponen isi, 0,889 untuk komponen konstruk, 0,93 untuk komponen bahasa dan 0,87 untuk komponen kegrafisan. Hasil angket praktikalitas e-modul oleh peserta didik, 90% untuk aspek kemudahan penggunaan, 90% untuk aspek efesiensi waktu pembelajaran dan 85% untuk aspek manfaat, sedangkan angket praktikalitas e-modul oleh guru memperoleh 83% untuk aspek kemudahan penggunaan, 75% untuk aspek efesiensi waktu dan 82% untuk aspek manfaat. Kesimpulannya, pengembangan e-modul berbasis model Guided Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question pada materi termokimia kelas XI SMA menghasilkan e-modul yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, GUIDED DISCOVERY LEARNING, PROBING PROMPTING QUESTION, TERMOKIMIA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:25
Last Modified: 26 Aug 2024 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53538

Actions (login required)

View Item View Item