Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 45 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Tiarani, Siti Dhinda (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 45 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SITI_DHINDA_TIARANI_20129076_1895_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu belum maksimalnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 45 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan nontes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas V SDN 45 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 89,55% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 91% (SB), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,4% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 91% (SB), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,4% (SB). Keempat, hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 86,2 (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 95,3 (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 45 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:10
Last Modified: 26 Aug 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53535

Actions (login required)

View Item View Item