Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Two Tier Multiple Choice Berlevel Hots pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP.

Darti, Gustia (2024) Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Two Tier Multiple Choice Berlevel Hots pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Gustia_Darti_18004123_54_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran yang merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara pada guru Matematika, bahwa dalam proses evaluasi pembelajaran masih menggunakan paper based test tanpa mengacu pada HOTS. Tes ini kurang praktis karena dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis kertas terkadang terdapat kecurangan selain itu dalam proses penilaian memerlukan waktu yang tidak singkat dan juga bisa terjadi ketidak telitian dalam tahap pegoreksian yang menyebabkan hasil dari evaluasi yang dilakukan tidak akurat. Butir soal yang diberikan oleh pendidik biasannya sumber dari buku modul/ paket dimana soal-soal tersebut belum mengacu pada HOTS. Tujuan penelitian pengembangan alat evaluasi ini adalah untuk mengetahui validitas dan reliabilitas butir soal serta respon siswa terhadap penggunaan alat evaluasi berbasis Two Tier Multiple Choice berlevel HOTS munggunakan Quiz Maker pada Mata Pelajaran Matematika kelas VIII dan untuk mengetahui praktikalitas penggunaan Quiz Maker pada Mata Pelajaran Matematika kelas VIII semester genap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menerapkan model ADDIE yang dilakukan secara lima tahapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket respon siswa terhadap penggunaan alat evaluasi berbasis Two Tier Multiple Choice berlevel HOTS munggunakan Quiz Maker. Analisis data yang diperoleh terbagi dua jenis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan pengolahan data validasi soal berada pada katagori “sangat layak digunakan”. Hasil uji coba soal diperoleh 8 butir soal dari 10 butir soal dinyatakan “valid” dan sisa 2 butir soal di validasi secara rasional oleh validator materi dan dinyatakan layak. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan berada pada kategori “sangat praktis” dengan nilai persentase 79%. Oleh karena itu, alat evaluasi yang telah dikembangkan layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:09
Last Modified: 26 Aug 2024 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53533

Actions (login required)

View Item View Item