Meilina, Siska
(2024)
Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Lempar Tangkap Bola Bagi Siswa Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Kelas XI di SLB YPPLB Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan siswa Gangguan Spektrum Autisme (GSA) yang ditemukan pada kelas XI di sekolah luar biasa yaitu permasalahan pada kemampuan koordinasi mata dan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kemampuan koordinasi mata dan tangan bagi siswa Gangguan Spektrum Autisme (GSA) kelas XI di SLB YPPLB Padang dapat meningkat dengan menggunakan metode lempar tangkap bola.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa Gangguan Spektrum Autisme (GSA) kelas XI di SLB YPPLB Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan September – Oktober 2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes kemampuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data.
Hasil analisis data sebanyak 15 kali pengamatan data yang diperoleh yaitu pada kondisi baseline (A1) 42,85%, 42,85% dan 42,85%. Pengamatan pada kondisi intervensi (B) 53,57 %, 64,28%, 71,42%, 71,42%, 75%, 75%, 100%, 100% dan 100%. Pengamatan pada kondisi baseline (A2) 100%, 100% dan 100%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan koordinasi mata dan tangan siswa Gangguan Spektrum Autisme (GSA) kelas XI meningkat menggunakan metode lempar tangkap bola.
Actions (login required)
|
View Item |