Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 7 Padang

Nurhamida, Anis (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Anis_Nurhamida_1800405_52_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari hasil observasi bahwa hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Peneliti melihat pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang terlibat secara aktif serta kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Pendidik lebih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga tidak terjadinya interaksi antara peserta didik dengan pendidik, maupun peserta didik dengan peserta didik. Mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan handout pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Padang yang berjumlah 255 orang yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling, dan kelas yang terpilih adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data berbentuk tes tertulis. Alat pengumpulan data adalah lembar soal dan lembar jawaban tes berbentuk objektif sebanyak 40 butir soal. Jenis data berupa hasil belajar siwa. Sumber datanya adalah siswa dan data diolah dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar peserta didik yang didapatkan pada kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dari hasil yang didapatkan pada kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,89 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78,67. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil thitung = 2,486 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikan α 0,05, sehingga thitung > ttable = 2,486 > 2,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan handout terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorYeni J, FetriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:08
Last Modified: 26 Aug 2024 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53529

Actions (login required)

View Item View Item