Nurhamida, Anis
(2024)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 7 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan dari hasil observasi bahwa hasil belajar peserta didik pada
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mendapatkan nilai dibawah
kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Peneliti melihat pada
saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang terlibat secara aktif serta
kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Pendidik lebih cenderung
menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga tidak terjadinya
interaksi antara peserta didik dengan pendidik, maupun peserta didik dengan
peserta didik. Mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sebuah model
pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model
yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match
berbantuan handout pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP
Negeri 7 Padang yang berjumlah 255 orang yang terdiri dari 8 kelas. Teknik
pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling, dan kelas yang terpilih
adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol
dengan masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data
berbentuk tes tertulis. Alat pengumpulan data adalah lembar soal dan lembar
jawaban tes berbentuk objektif sebanyak 40 butir soal. Jenis data berupa hasil
belajar siwa. Sumber datanya adalah siswa dan data diolah dengan menggunakan t-test.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar peserta didik yang
didapatkan pada kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan
dari hasil yang didapatkan pada kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Hal ini dapat
dilihat pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,89 sedangkan pada
kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78,67. Hasil analisis dengan
menggunakan t-test menunjukkan hasil thitung = 2,486 dan ttabel = 2,000 pada taraf
signifikan α 0,05, sehingga thitung > ttable = 2,486 > 2,000. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe make
a match berbantuan handout terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri
7 Padang
Actions (login required)
|
View Item |