Desain dan Pembuatan Sistem Kontrol PID Menggunakan Metode Ziegler-Nichols pada Sistem Pergerakan Robot Sepak Bola Beroda

Ismail, Hanifah Nur (2024) Desain dan Pembuatan Sistem Kontrol PID Menggunakan Metode Ziegler-Nichols pada Sistem Pergerakan Robot Sepak Bola Beroda. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_HANIFAH_NUR_ISMAIL_19034063_4966_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan pesat dalam bidang robotika telah mempengaruhi berbagai sektor, termasuk pendidikan. Kontes Robot Indonesia (KRI), yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, merupakan wadah untuk mengapresiasi inovasi di bidang robotika, termasuk Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B). Penelitian ini fokus pada pengaturan sistem kontrol PID pada motor DC tipe PG 45 dalam robot sepak bola beroda, dengan menggunakan metode Ziegler-Nichols untuk menentukan parameter PID yang optimal. Tujuannya adalah merancang sistem kontrol PID yang stabil dan menganalisis pengaruh parameter Kp, Ki, dan Kd terhadap pergerakan robot. Penelitian ini memberikan manfaat praktis dan teoritis bagi pengembangan robot sepak bola beroda serta kontribusi penting bagi penelitian selanjutnya dalam bidang robotika. Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data untuk tujuan tertentu. Metode ini memiliki tiga sifat keilmuan: rasional, empiris, dan sistematis. Empiris menekankan pada apa yang dapat dilihat indra manusia, sedangkan rasionalitas menekankan pada penalaran manusia yang logis dan masuk akal. Sistemisasi juga mengacu pada penggunaan langkah-langkah yang disusun secara logis. Metode Ziegler-Nichols untuk parameter PID digunakan dalam penelitian kuantitatif ini. Tujuan dari analisis data yang dikumpulkan adalah untuk menguji hipotesis dan menentukan seberapa efektif dan berhasil sistem kontrol PID menjaga output sistem mendekati nilai setpoint saat mengontrol pergerakan robot sepak bola. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perancangan dan pengimplementasian sistem kontrol PID pada motor DC PG45 telah berhasil dilakukan dengan menggunakan rotary encoder sebagai output RPM, serta digabungkan dengan kinematika tiga roda untuk pergerakan maju, mundur, kiri, dan kanan. Nilai-nilai Kp, Ki, dan Kd yang diperoleh dari masing-masing motor juga telah ditentukan, memperoleh kondisi kecepatan motor yang optimal pada pengujian motor tanpa uji jalan. Namun, pada pengujian jalan, beberapa nilai masih belum mencapai setpoint karena adanya beban yang diberikan kepada motor. Pengaturan nilai Kp, Ki, dan Kd memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pergerakan robot sepak bola, di mana nilai-nilai ini mempengaruhi respons cepat terhadap kesalahan, pengurangan kesalahan yang bersifat konstan, dan responsivitas terhadap overshoot. Sebagai saran untuk tindak lanjut, penting untuk memperhatikan lingkungan uji coba robot, mempertimbangkan penggunaan sensor tambahan untuk meningkatkan akurasi data, dan melakukan pengujian serta evaluasi berulang untuk memastikan kinerja sistem yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorAnshari, RioUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:05
Last Modified: 26 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53523

Actions (login required)

View Item View Item