Pelaksanaan Peranan Wali Kelas dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Nizhomy, Rif’aty (2024) Pelaksanaan Peranan Wali Kelas dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RIF'ATY_NIZHOMY_16006160_2599_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Wali kelas adalah relasi utama guru BK/konselor pada saat menjalankan perannya dalam penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di sekolah, karena wali kelaslah yang memiliki intensitas kontak harian dengan siswa lebih besar daripada guru BK/konselor. Namun terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di lapangan terkait pelaksanaan peranan wali kelas dalam pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan peranan wali kelas dalam pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 24 orang wali kelas di SMPN 25 Padang pada tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket pelaksanaan peranan wali kelas dalam pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peranan wali kelas dalam pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah secara keseluruhan berada pada kategori sedang. Hasil penelitian pelaksanaan peranan wali kelas dalam bimbingan dan konseling ditinjau dari delapan aspek: (1) Membantu memasyarakatkan pelayanan BK kepada siswa berada pada kategori tinggi, (2) membantu guru BK mengidentifikasi siswa-siswa yang memerlukan pelayanan BK berada pada kategori tinggi, (3) mengalihtangankan siswa yang memerlukan pelayanan BK kepada guru BK berada pada kategori tinggi, (4) menerima alih tangan siswa dari guru BK yang memerlukan pelayanan latihan khusus seperti pengayaan berada pada kategori tinggi, (5) membantu mengembangkan suasana kelas, hubungan guru-siswa, dan hubungan siswa-siswa yang menunjang pelaksanaan pelayanan BK berada pada kategori tinggi, (6) membantu memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan pelayanan BK berada pada kategori tinggi, (7) berpartisipasi untuk kegiatan BK khususnya penanganan masalah siswa seperti konferensi kasus berada pada kategori tinggi, dan (8) membantu mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian pelayanan BK sebagai upaya tidak lanjut berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan pelaksanaan peranan wali kelas dalam bimbingan dan konseling yaitu layanan penguasaan konten dengan tema kiat kerja sama wali kelas dengan guru BK/konselor dan kiat menciptakan hubungan yang harmonis antara wali kelas dengan guru BK/konselor, layanan konsultasi dan diskusi profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:03
Last Modified: 26 Aug 2024 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53514

Actions (login required)

View Item View Item