Keanekaragaman Jamur Makroskopis di Kawasan Pemukiman Kelurahan Bukit Gado Gado Padang Selatan Kota Padang Sumatera Barat

Nabila, Anggie Finti (2024) Keanekaragaman Jamur Makroskopis di Kawasan Pemukiman Kelurahan Bukit Gado Gado Padang Selatan Kota Padang Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ANGGIE_FINTI_NABILA_20032048_4772_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki keanekaragaman hayati cukup tinggi, sehingga disebut megabiodiversity. Salah satu keanekaragaman hayati ialah jamur. Jamur merupakan organisme kosmopolitan yang umumnya tumbuh ditempat lembap dan kaya bahan organik, seperti kayu, serasah, tanah, dan kotoran hewan. Jamur berperan sebagai dekomposer bahan organik dan bertanggung jawab menjaga ekosistem agar tetap memiliki persediaan nutrisi anorganik. Salah satu daerah di Kota Padang yang masih memungkinkan untuk menjadi habitat jamur makroskopis adalah Kelurahan Bukit Gado Gado, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui jenis jamur makroskopis yang terdapat di Kawasan ini. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan dilaksanakan pada bulan September 2023 sampai Januari 2024 di kawasan pemukiman Bukit Kandang, Kelurahan Bukit Gado Gado. Pengambilan sampel menggunakan metode survei dengan menjelajah kawasan secara insidental. Setiap jamur yang ditemukan, diamati, dicatat karakteristiknya, kemudian didokumentasikan. Sampel jamur diambil diberi label dan disimpan dalam wadah pastik kemudian dibawa ke Laboratorium Biologi untuk diidentifikasi dan pembuatan herbarium. Identifikasi jamur dengan cara menyesuaikan karakteristik morfologi dengan buku acuan yaitu Collins Fungi Guide. Jamur makro yang ditemukan pada penelitian ini sebanyak 20 jenis yaitu, Lepiota sp., Macrolepiota clelandii, Leucocoprinus fragillissimus, Cyathus striatus, Hebeloma sp., Gymnophilus sapineus, Marasmius siccus, Marasmius candidus, Favolaschia manipularis, Collybia cirrhata, Coprinellus marculentus, Pholiota mixta, Ganoderma applanatum, Ganoderma resinaceum, Lentinus sp., Pycnoporus sanguineus, Hydnellum sp., Auricularia auricula, Octaviania sp., dan Cookeina sulcipes. Sembilan belas jenis tergolong ke dalam Divisi Basidiomycota dan Divisi Ascomycota hanya ada 1 jenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:02
Last Modified: 26 Aug 2024 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53506

Actions (login required)

View Item View Item