Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Kelas X SMK Negeri 1 Painan

Chairana, Syalma Audhia (2024) Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Kelas X SMK Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_13_Syalma_Audhia_Chairana_17076024_3572_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Painan. Media pembelajaran ini memanfaatkan teknologi mobile sehingga peserta didik dapat mengakses materi pelajaran kapan saja dan di mana saja. Dalam media ini penulis mengintegrasikan metode client-server untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif, dimana pendidik dapat melakukan CRUD (Create, Read, Update, Delete) terhadap konten pembelajaran yang dikelola di sebuah web service, sedangkan peserta didik dapat mengakses materi melalui aplikasi khusus di perangkat mobile mereka. Media pembelajaran ini dirancang dengan menerapkan metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Tahap-tahap pengembagan disesuaikan dengan kebutuhan rancang bangun media pembelajaran yang meliputi : analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Perangkat lunak yang digunakan pada bagian web server adalah bahasa pemrograman PHP (Hypertext Pre-Processor), web server NGINX, framework Laravel, dan database MySQL. Pembuatan aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman Dart, framework Flutter, dan database SQLite. Rancang bangun ini menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan dengan acuan pengujian dan validasi. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing, berdasarkan tabel pengujian dapat disimpulkan bahwa keseluruhan fungsionalitas media pembelajaran interaktif telah terpenuhi dan dinyatakan berhasil dijalankan sesuai dengan fungsi dan tujuannya masing-masing. Selain itu juga dilakukan validasi ahli materi dan validasi ahli media terhadap kelayakan media yang dibuat, sehingga memperoleh hasil “Sangat Layak” dengan skor dari ahli materi sebesar 95% dan ahli media sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMursyida, LativaUNSPECIFIED
CorrectorHadi, AhmaddulUNSPECIFIED
CorrectorSriwahyuni, TitiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:19
Last Modified: 22 Aug 2024 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53473

Actions (login required)

View Item View Item