Pengaruh Variasi Leading Edge Terhadap Karakteristik Aerodinamika Bodi Kereta Derek

Vernando, Willy Hardi (2024) Pengaruh Variasi Leading Edge Terhadap Karakteristik Aerodinamika Bodi Kereta Derek. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_Willy_Hardi_Vernando_19338073_3782_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aerodinamika merupakan salah satu ilmu yang mempelajari aliran fluida yang bergerak pada suatu benda. Adapun gaya drag merupakan gaya yang ditimbulkan oleh gerakan suatu benda dengan arah yang berlawanan terhadap gerak relatif benda padat dengan fluida. Bentuk bodi kereta yang aerodinamis dapat mempengaruh terhadap pengurangan pemakaian bahan bakar dan meminimalisir gaya hambat yang menghambat laju kereta, bodi kereta dapat dikatakan aerodinamis apabila gaya hambat (koefisien drag) yang dihasilkan bernilai rendah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai koefisien drag pada model kereta derek standar dan kereta derek yang dimodifkasi pada kemiringan sudut leading edge, dan melihat karakteristik aliran udara berdasarkan velocity contour, velocity streamline, dan pressure contour pada model kereta derek standar dan modifikasi pada leading edge. Metode penelitian yang digunakan yaitu simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan menggunakan Software Solidwork Research License 2021. Pada simulasi CFD, koefisien drag (Cd) pada kereta derek standar yaitu 1.2, pada kemiringan sudut leading edge 41.4° yaitu 0.454, pada kemiringan sudut leading edge 47.4° yaitu 0.436, dan pada kemiringan sudut leading edge 53.4° yaitu 0.426. Dimana penurunan nilai koefisien drag (Cd) yang paling optimal dihasilkan pada kemiringan sudut leading edge 53.4°. Karena merupakan nilai koefisien drag (Cd) yang paling kecil dibandingkan dengan model kereta derek lainnya. Berdasarkan data yang didapatkan penerapan variasi kemiringan sudut leading edge yang diterapkan ini mempengaruhi terhadap koefisien drag (Cd) yang dihasilkan. Dengan berkurangnya nilai koefisien drag (Cd) dapat mengurangi gaya hambat yang terjadi pada kereta derek, sehingga model kereta derek yang divariasikan ini lebih aerodinamis dan penggunaan bahan bakar lebih efisien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimandari, Sri Rizki PutriUNSPECIFIED
CorrectorArwizet K, Arwizet KUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Randi PurnamaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:15
Last Modified: 22 Aug 2024 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53472

Actions (login required)

View Item View Item