Persepsi Pemustaka Terhadap Brand Positioning dalam meningkatkan Citra Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi

Syah, Rizky Erman (2024) Persepsi Pemustaka Terhadap Brand Positioning dalam meningkatkan Citra Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_RIZKY_ERMAN_SYAH_20234053_3516_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pelaksanaan brand positioning terhadap perpustakaan dalam rangka untuk meningkatkan citra perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana persepsi pemustaka terhadap brand positioning dalam meningkatkan citra perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan yang telah terdaftar di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling, teknik pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner atau angket. Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan brand positioning oleh perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi berada pada kategori baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti competitive frame of reference (persaingan), point of parify (nilai kesamaan), point of difference (nilai perbedaan) dan brand mantra (slogan) yang dijalankan oleh perpustakaan dan masuk dalam kategori baik. Artinya brand positioning yang dilaksanakan oleh perpustakaan sudah baik dilakukan dalam pelaksanaannya. Adapun untuk citra perpustakaan yang mempertimbangkan faktor berikut sebagai penilaiannya seperti persepsi, kognisi, motivasi dan sikap masuk dalam kategori baik. Artinya citra yang didapatkan dari para pemustaka sudah baik dari harapan perpustakaan. Hubungan korelasi antara brand positioning terhadap citra perpustakaan ini memiliki nilai 0,972 dan tergolong dalam korelasi yang sangat kuat. Pengujian korelasi ini menggunakan uji korelasi Pearson melalui bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara brand positioning terhadap citra perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara brand positioning terhadap citra perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Semakin sering brand positioning dilaksanakan maka akan semakin tinggi citra yang didapatkan oleh perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorAsmara, RiniUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, ElvaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP BRAND POSITIONING
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:12
Last Modified: 21 Aug 2024 08:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53439

Actions (login required)

View Item View Item