Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup di SMK Negeri 1 Padang

Imanudin, Muhammad Rois (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Muhammad_Rois_Imanudin_20065058_3888_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall dengan menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) di SMK Negeri 1 Padang yang valid dan praktis. Metode dan model yang digunakan dalam pengembangan yaitu model pengembangan (Four D Models) 4D yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu : Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Metode dan model dipilih dapat menciptakan media interaktif sebagai produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan total persentase 95% yang menunjukkan kedalam kategori "Sangat Valid". Kemudian hasil uji praktikalitas yang dilakukan kepada peserta didik kelas X Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Padang didapatkan hasil sebesar 86% yang masuk kedalam kategori "Sangat Praktis". Media pembelajaran yang termasuk kedalam kategori "Sangat Valid" dan "Sangat Praktis" digunakan pada mata pelajaran Dasar-dasar Elektronika Khususnya pada materi pembelajaran Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorFaiza, DelsinaUNSPECIFIED
CorrectorAnori, SartikaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:06
Last Modified: 22 Aug 2024 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53438

Actions (login required)

View Item View Item